Penyebab dan Gejala Meningitis

Baru-baru ini artis  Olga Syahputra berpulang, setelah 1 tahun berjuang untuk sembuh dari penyakit Meningitis yang di deritanya. Mungkin Anda sering mendengar penyakit ini, namun tidak mengenal penyebab dan gejala meningitis ? 

Definisi penyakit Meningitis

 

Sumber dari : http://bidanku.com/waspada-kenali-meningitis-radang-selaput-otak-penyebab-dan-pencegahannya

Meningitis adalah gejala peradangan yang mengenai lapisan selaput pelindung jaringan otak dan sumsum tulang belakang yang juga menimbulkan eksudasi berupa pus atau serosa yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Penyakit ini dapat disebabkan oleh mikroorganisme, kanker, jamur, luka fisik, obat-obatan tertentu yang dikonsumsi oleh pasien dan parasit yang menyebar kedalam darah dan melebur kecairan otak.

Penyakit ini dikategorikan sebagai penyakit serius yang harus segera mendapatkan penanganan, mengingat letak penyakit ini berada dekat dengan otak dan tulang belakang, sehingga dapat menyebabkan kerusakan gerak, pikiran dan bahkan berujung pada kematian.

Untuk itulah pasien yang didiagnosa menderita meningitis dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut, baik meningitis yang dideritanya disebabkan oleh bakteri, virus maupun jamur. Hal ini diperlukan untuk tindakan pengobatannya, karena masing-masing penyakit meningitis akan mendapatkan therapy yang sesuai dengan penyebabnya.

Jenis Penyakit Meningitis ada 2, yaitu :

1. Meningitis Viral. Penyakit meningitis viral ini biasanya tidak menyababkan penyakit serius. Dalam kondisi yang parah, penyakit meningitis jenis ini dapat menyebabkan panas demam berkepanjang disertai dengan kejang-kenjang.

2. Meningitis Bakteri. Penyakit meningitis bakteri ini tidak bisa dianggap sepele, karena meningitis yang disebabkan oleh bakteri begitu serius dan harus mendapatkan perawatan serta pengobatan yang serius untuk mencegah kerusakan otak dan keluhan tubuh yang berkelanjutan yang akhirnya beresiko pada kematian.

 

PRUcrisis cover benefit 34 membantu pasien Meningitis akibat bakteri

Jika dalam polis nasabah, ada produk PRUcrisis cover benefit 34, maka penderita Meningitis akibat bakteri, bisa Klaim.*

*asal sesuai kriteria di polis

Penyebab Meningitis

Ada 3 penyebab penyakit Meningitis, yaitu

  1. Virus, tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya.
  2. Bakteri, dapat mengakibatkan kondisi serius, seperti kerusakkan otak, hilang kemampuan belajar, berkurangnya kemampuan mendengar dan resiko kematian.
  3. Jamur, biasanya amat jarang terjadi, jenis ini umumnya diderita oleh pasien yang menderita kerusakan daya tahan tubuh (sistem immun) seperti halnya penderita AIDS.

Gejala Meningitis

Berikut gejala seseorang yang menderita meningitis, seperti yang disitat dari Mayoclinic, Minggu (29/3/2015).

 

Meningitis menular dan cara mengetahui positif terkena/tidak

Penyakit ini baik oleh virus, baketeri, dan jamur dapat menular. Media yang dapat menjadi bagian penularan penyakit meningitis ini adalah melalui ingus dan cairan ludah saat bersin, tertawa ataupun berbicara. Bisa juga karena pemakaian gelas, piring, sikat gigi, handuk, tissue dan peralatan makan yang dipakai penderita.

Dokter yang menangani akan melakukan uji sampel cairan yang diambil dari sumsum tulang belakang. Selain itu juga uji darah, CAT Scan dan banyak lainnya untuk menentukan positif / negatif terkena penyakit ini.

Pencegahan Penyakit Meningitis

  1. Menjaga dan Meningkatkan Kebersihan. Tranmisi penyakit meningitis ini dapat dicegah dengan meningkatkan tingkat kebersihan antara orang-orang dengan resiko infeksi dan diantara mereka yang mungkin menyebarkan penyakit. Hal yang paling penting adalah menjaga kebersihan tangan, karena tangan adalah media yang paling beresiko untuk menularkan virus dan bakteri. Untuk itu biasakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun antikuman dan bilas dengan air yang mengalir.
  2. Hindari Berbagi Peralatan. Berbagi peralatan seperti menggunakan piring, gelas, sedotan, handuk dan peralatan lain yang sama dengan si penderita akan memudahkan penyebaran bakteri meningitis, untuk itu hidari berbagi peralatan dengan penderita untuk mencegah timbulnya penyakit meningitis.
  3. Tutuplah Hidung dan mulut saat bersin.
  4. Konsumsi antibiotik saat sedang bersama-sama dengan orang yang terjangkit virus. Hal ini merupakan pencegahan terhadap bagaiamana mudahnya virus meningitis menyebar.

 

Kesimpulan. Meningitis bisa mematikan, jika mengalami gejala-gejala silahkan periksa ke dokter. Jangan melakukan kontak langsung seperti berbicara, tertawa tanpa masker dengan penderita. Ataupun pemakaian alat-alat bersama dengan penderita, semisal sikat gigi, handuk, gelas, piring. 

Dokter yang bisa menentukan penyebab Meningitis, apakah bakteri, jamur atau virus. Berhati-hatilah jika diakibatkan bakteri.  Ini perlu penanganan serius.

Biaya untuk penyembuhan dari Meningitis oleh Bakteri bisa sangat mahal sekali, hingga ratusan juta bahkan miliaran. Untuk itu segera lindungi diri Anda dan keluarga, dengan proteksi dan produk yang tepat. 

 

Sumber penulisan dari :

1. http://bidanku.com/waspada-kenali-meningitis-radang-selaput-otak-penyebab-dan-pencegahannya

2. http://lifestyle.okezone.com/read/2015/03/29/481/1125877/berikut-gejala-meningitis-yang-menimpa-olga-syahputra

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply