Perbedaan Investasi Berkala antara Reksadana dan Unit Link

Reksadana dan Unit Link merupakan produk yang mirip tetapi ada perbedaan jelas antar keduanya. Sama-sama produk investasi dan investasi bisa dilakukan secara berkala atau sekaligus. Pada topik kali ini akan dibahas perbandingan Investasi Berkala antara Reksadana dan Unit Link. 

Perbedaan Investasi Berkala antara Reksadana dan Unit Link

Isi produk

Reksadana merupakan Investasi Murni.

Unit Link merupakan gabungan Investasi dan Proteksi.

Biaya - biaya

  • Reksadana – sekitar 1%-2% tergantung dari kebijakan masing-masing penjual Reksadana.

Biaya diatas dikenakan setiap kali setoran dilakukan. Misalkan saya membeli Reksadana Panin Ultima sebesar Rp 1 juta pada 6 Desember 2016 akan dikenakan oleh pihak Panin sebesar 1%, maka saldo yang saya terima hanya sebesar Rp 1 juta – 1%= Rp 990.000.

Apabila saya melakukan setoran lagi pada 7 Desember 2016 sebesar Rp 1 juta, maka tetap akan dikenakan lagi sebesar 1%.

Jadi Reksadana meminta biaya setiap setoran investasi dilakukan.

  • Unit Link – biaya akuisisi , biaya asuransi, dan biaya administrasi, serta biaya pengelolaan dana investasi

Biaya akuisisi adalah biaya yang terkait dengan pengadaan polis dan komisi agen. Biaya akuisisi semakin ringan dengan berjalannya waktu.

Biaya asuransi dikenakan setiap bulan selama berlakunya manfaat asuransi. Misal di dalam polis Unit Link ada manfaat “meninggal dunia” hingga 99 tahun, maka biaya asuransi untuk manfaat meninggal dunia akan dibebankan hingga usia 99 tahun (apabila telah meninggal di usia 70 tahun, biaya dibebankan hingga usia 70 saja).

Biaya administrasi sebesar Rp 27.500 / bulan selama berlakunya asuransi.

Biaya pengelolaan dana investasi sebesar 5% di Prudential.

Inforce or Lapse ?

Inforce adalah polis atau produk dalam keadaan aktif. Lapse adalah kebalikannya.

  • Reksadana selalu dalam keadaan Inforce.

Misalkan saya setiap bulan melakukan auto debet untuk membeli Panin Ultima. Begitu saldo bank saya kurang, selama 3 bulan berturut-turut selalu kurang, maka bulan ke 4, auto debet saya akan dihentikan, sampai saya mengajukan ulang lagi untuk auto debet.

Berhentinya kegiatan investasi berkala tidak memiliki dampak penalti terhadap saldo investasi yang sudah ada. Investor bisa memilih untuk menarik dana tersebut atau tidak melakukan apa-apa sehingga saldo yang sudah ada tetap dikembangkan oleh manajer investasi reka dana.

  • Unit Link bisa dalam keadaan Lapse.

Hal ini dikarenakan besarnya Nilai Tunai yang terbentuk  selama sekian waktu tidak mampu membayar Biaya – Biaya yang dibebankan .

Penarikkan Dana

Bedanya, jika di Unit Link investasi, akan dihitung dahulu, saldo investasi yang ada sudah berkembang menjadi berapa, dikurangi dengan potongan biaya administrasi, akuisisi dan biaya asuransi, sisanya yang bisa dicairkan. Sementara di reksadana saldo investasi yang ada bisa dicairkan.

Pada Reksadana dikenakan biaya saat penarikkan dana, yang jumlahnya berbeda-beda. Ada yang gratis jika penarikkan dilakukan setelah sekian tahun.

 

Kesimpulan

Berinvestasi Rp 1 juta/bulan di Reksadana dan di Unit Link bisa memberi hasil yang sangat berbeda. Sudah pasti hasil investasi di Reksadana  memberi hasil lebih besar dibanding Unit Link. Karena pada Unit Link Rp 1 juta/ bulan tidak semuanya menjadi investasi, masih ada Biaya-Biaya yang telah saya sebut di atas.

Lihat perbandingan kedua gambar di bawah ini

Gambar pertama adalah investasi berkala di Reksadana sejumlah Rp 500.000/bulan

Gambar kedua adalah investasi berkala di Unit Link dengan jumlah sama.

Kalkulator Finansial Panin
http://www.panin-am.co.id/InvestmentCalculator.aspx

hitung investasi rekasana berkala
1
2
3
4
investasi berkala di unit link
1

Tiap bulan Rp 500rb

2

Lihat pada kolom ini, asumsi bunga tinggi

3

Asumsi bunga tinggi = 15%

4

Ini perkiraan hasil tahun 15

 

Dalam keadaan normal atau sehat, Reksadana memberi hasil yang lebih besar, begitu pula kebalikannya. Unit Link memberi hasil yang lebih besar jika terjadi suatu kejadian (tidak normal).

Bagi Anda yang memiliki dana lebih sudah tentu kedua produk ini bisa Anda miliki. Sedangkan Anda yang masih belum dalam kondisi finansial bagus, dan harus memilih, saya sarankan untuk membeli produk Unit Link terlebih dulu.

Semoga artikel ini bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply