Perbedaan PRUmed dan PRUhs

Klaim rawat inap / kesehatan di Prudential ada dua, yaitu PRUhospital & surgical cover (PRUhs) dan PRUmed. Perbedaan PRUmed dan PRUhs yang mencolok adalah PRUhs memberikan kartu HS bagi nasabah, sedangkan PRUmed tidak ada kartu.Kedua Riders ini bisa saling melengkapi saat nasabah mendapatkan rawat inap di Rumah Sakit. Namun ada batas maksimal untuk Riders ini, untuk 1 nasabah Prudential hanya bisa memiliki 1 kartu PRUhs dan 25 units PRUmed.

Perbedaan PRUmed dan PRUhs

Selain beda yang telah disebutkan diatas, ada lagi beberapa Perbedaan PRUmed dan PRUhs.

  1. Biaya asuransi bulanan/tahunan yang dikenakan nasabah, PRUhs lebih mahal dibanding PRUmed
  2. Penggunanaan PRUhs, nasabah harus minimal menginap 1×24 jam atau tidak perlu menginap jika mengalami kecelakaan. Sedangkan PRUmed harus menginap 2×24 jam atau minimal 1×24 jam jika mengalami kecelakaan.
  3. Jika ada kerjasama antara pihak rumah sakit dan Prudential, pengguna PRUhs tidak perlu mengeluarkan biaya dulu, karena hanya butuh bayar kekurangan dari plafon PRUhs. PRUmed harus melalukan reimbursement.

Perbedaan PRUmed dan PRUhs dilihat dari nilai pertanggungan

Sudah jelas PRUhs memberikan nilai pertanggungan lebih besar karena PRUhs merinci biaya-biaya rawat inap di rumah sakit.

nasabah klaim

Detail Klaim nasabah di Rumah Sakit (biaya RS dan biaya yang ditanggung Prudential)

Dilihat dari gambar diatas, PRUHs merinci biaya-biaya seperti : kamar, biaya admin, biaya lab, biaya obat, kunjungan dokter, dan lain-lain.

  • Nasabah yang memiliki plan B di PRUhs, rawat inap  2 hari, hanya mengeluarkan Rp 200.000 untuk kekurangannya.
  • Jika nasabah memiliki hanya PRUmed sebesar 25 unit = Rp 1 juta /malam, maka nasabah akan mengeluarkan Rp 1.808.003
  • Jika nasabah memiliki pla B di PRUhs dan PRUmed sebesar 25 unit, maka nasabah tidak akan mengeluarkan biaya, justru nasabah akan mendapatkan kelebihan sebesar (plafon PRUhs+plafon PRUmed – biaya RS) = (Rp 3.608.003+Rp 2.000.000 – Rp 3.808.003) = Rp 1, 8 juta.

Contoh kasus nasabah yang hanya memiliki PRUmed dan tidak puas dengan nilai pertanggungan.

Saya ada pengalaman pribadi buat para anggota forum detik saya mau share pengalaman buruk saya, dengan maksud untuk jadi pertimbangan anda2 yg berpikir ikut asuransi prudential Saya tidak bermaksud menjelek2kan, hanya share pengalaman aktual yg benar2 saya alami Istri saya dirawat selama 10 hari di rs, yg diganti cuma biaya kamar sebesar 450rb per hari, pdhl kuitansi dr rs yg saya ajukan ber kali kali lipat dari angka yg diganti oleh prudential, dgn alasan mmg program prumed ganti kamar saja+ penyakit berat (kanker,tumor,jantung) padahal keadaan istri saya sudah kritis Benar2 asuransi prudential penipu, saya sudah cabut smua asuransi istri+ 2 anak saya kemarin malam Harap teman2 detik hati2 dengan prudential yg cuma jual nama besar+tipuan Akhirnya, saya klaim 53 juta cuma di ganti 4,4 juta, pikirkan sendiri kecurangan asuransi PRUDENSIAL Karna nasib Sial anda bisa bertambah sial jika ikut asuransi yang sialan

sumber : http://forum.detik.com/pengalaman-buruk-dengan-asuransi-prudential-t277529.html

Dari contoh di atas, si nasabah tidak dapat mengetahui isi polis dan kurang jelas perbedaan PRUmed dan PRUhs, sehingga melakukan komplain akibat kesalahan nasabah sendiri. Jika nasabah memiliki PRUhs, nilai pertanggungan akan lebih besar, dan tidak memberatkan nasabah sendiri.

Kesimpulan : walau ada perbedaan PRUmed dan PRUhs, alangkah baiknya jika nasabah memiliki keduanya, karena sifatnya akan saling melengkapi, dan memberi nilai pertanggungan lebih besar.

 

30 replies
  1. Roby
    Roby says:

    sy sudah ikut asuransi prudential selama 4 tahun dengan premi 400.000/bulan, pertanyaan sy ( 1),bagaimana cara menambahkan manffat Pru Hs ke asuransi saya.(2) saya belum banyak memahami mengenai asuransi ini, saya mau telpon ke pusat tapi biata telpon cukup memberatkan karena no tlp yang dituju adalah no tlp yang dari telkom( tlp rumah), ada ada fasilitas untuk no tlp dari telkomsel supaya biaya telp tidak memberatkan dan saya bisa leluasa menanyakan hal mengenai manfaat perudential yang memuaskan, karen memang agen hanya sifatnya memasarkan dan tidak tau banyak mengenai prudential. Kasihan kami nasabah asal diikutkan asuransi prudential tanpa tau banyak manfaatnya, begitu claim jauh yang dari nasabah harapkan, karena saya pelajari ternyata agen berusaha keras bagamiana cara dapat bonus jika dapat 1 orang nasabah.

    Reply
    • Fudianto Ciptanegara
      Fudianto Ciptanegara says:

      Saya langsung bantu jawab ya pak roby.
      1. menambahkan manfaat PRU HS, artinya akan ada perubahan premi (upgrade) atau premi tetap dengan mengorbankan manfaat proteksi atau investasi yang telah ada. Ini tergantung kondisi keuangan bapak sendiri.
      2. bapak jika menelepon ke 500085, bisa dengan memakai flexi , atau kartu As ( di daerah tertentu paket As ada untuk telepon rumah yang sangat terjangkau)

      Namanya agen pasti ada kekurangannya pak, kita agen Prudential selalu dilatih untuk mengutakaman kebutuhan nasabah dan pelanyanan kepada nasabah. Itu yang setidaknya saya jalani.

      Jika bapak ingin berbincang untuk menanyakan tentang produk Prudential, saya siap membantu menjelaskan. Bisa hubungi saya di no As saya. 085-237-232-555. atau di 0817722818. Jika no As sedang off, boleh sms dulu pak di nomer XL saya, dikarenakan As saya baterai sering drop.

      Terima kasih telah berkunjung, dan semoga membantu.

      Reply
  2. Susanti Yap
    Susanti Yap says:

    Selamat siang Pak,
    Saya adalah pemilik polis PruMed sejak bulan Juli 2008. Saat ini saya tertarik untuk memiliki PruHS.
    Yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Apakah sebaiknya saya mengubah polis PruMed saya menjadi PruHS ? Atau tetap mempertahakan polis PruMed saya, jadi nantinya saya memiliki 2 polis Prudential
    2. Jika saya mengubah polis PruMed menjadi PruHS apakah untuk tahun pembayaran premi selama 10 tahun direset ? Mengingat polis PruMed saya sejak 2008 dan sudah masuk tahun ke6. Atau dengan polis PruHS tahun perhitungan premi tetap lanjut dan saya tetap hanya perlu membayar polis hingga tahun 2018 saja.
    3. Jika saya memiliki polis PruMed dan PruHS berarti saya bisa melakukan double claim dengan 2 polis tersebut ? Bagaimana dengan proteksi lainnya, seperti Pru Crisis 34, Pru Payor 33, PAA dan lainnya ? Apakah juga jika mau diclaim manfaat yang diperoleh juga double dari kedua polis tersebut ?
    Terima kasih untuk saran dan informasinya.

    Reply
    • Fudianto Ciptanegara
      Fudianto Ciptanegara says:

      Siang ibu susanti

      saya bantu jawab :
      1. tetap pertahankan, karena Pru Med bisa memberi nilai lebih (jika ibu ingin punya 2 polis segera), tetapi jika masih lama untuk memiliki polis baru, alangkah baiknya tambahkan unsur PRU HS, tanpa menghapus PRU Med, dengan konsekuensi penambahan nilai premi.

      2. Pembayaran premi selama 10 tahun bukan kewajiban, tetapi “yang diharapkan” agar nilai tunai sesuai rencana perhitungan awal pembuatan polis. Jadi jika di tahun ke 8 ibu sudah tidak melakukan pembayaran polis, juga tidak apa. Tapi resiko nilai tunai milik ibu akan terpotong untuk membayar “biaya asuransi bulanan”, yang mana selama ini biaya asuransi bulanan terpotong dari premi ibu. Jika ibu mengganti menjad PRU HS, ibu bisa membayar premi hanya untuk 4 tahun ke depan.
      Tetapi wajib diingat bahwa, biaya asuransi bulanan akan terus ditagih selama masa pertanggungan belum habis.
      Misal: PRU HS sampai dengan usia pertanggungan 65, maka ibu akan tetap membayar biaya bulanan PRU HS hingga usia 65.

      3. Bisa melakukan dobel klaim, contoh kasus nasabah saya, bisa dilihat di halaman ini : Dobel Klaim .
      Pru Crisis 34, Pru Payor 33 dan berbeda dengan jenis PRU Med, PRU HS.
      Misal : Si A memiliki polis isinya Pru Crisis 34, Pru Payor 33, PRU Med dan PRU HS
      jika si A kanker dan tidak rawat inap (hanya rawat jalan) , maka klaim Pru Crisis 34, Pru Payor 33 bisa cair, sedangkan PRU med dan HS, tidak bisa. Kecuali klaim PRU HS untuk “rawat jalan,kemotrapi” bisa cair.
      jika si A kanker dan rawat inap, maka berlaku semua Pru Crisis 34, Pru Payor 33, PRU med , HS.

      Jadi Pru Crisis 34, Pru Payor 33 melihat kondisi kritis seseorang,asalkan dokter mengatakan kritis, sesuai kriteria di polis dan Hasil Lab mendukung pernyataan dokter, klaim bisa cair.
      Pru Med dan Pru HS melihat kondisi sakit seseorang, apakah rawat inap/ rawat jalan. Fungsi PRU med dan PRU Hs lebih terasa, jika pasien rawat inap.

      Sekian penjelasan saya.
      Jika masih kurang jelas. silahkan berkomentar lagi.
      Terima kasih

      Reply
  3. Susanti Yap
    Susanti Yap says:

    Siang Pak,

    Terima kasih untuk informasinya yang sangat jelas dan membantu.

    Terkait jawaban di point 3 ada yang ingin saya tanyakan kembali Pak. Untuk mempermudah saya menggunakan simulasi ya. Misal A mempunyai 2 polis, di mana polis PruMed dengan Pru Crisis 34 sebesar 200 jt, Pru Payor 500rb/bulan, dan Pru Personal Accident Death 100 jt sementara polis PruHS dengan Pru Crisis 34 sebesar 100 jt, Pru Payor 600rb/bulan dan Pru Personal Accident Death 50 jt.

    Yang menjadi pertanyaan untuk perlindungan si A tersebut apakah Pru Crisis 34, Pru Payor dan Pru Personal Accident Death merupakan nilai akumulasi ?

    Jadi jika si A sakit kondisi kritis maka yang diterima adalah :
    Pru Crisis 34 : 300 jt
    Pru Payor : 1,1 jt / bulan

    Dan saat si A meninggal, maka Pru Personal Accident yang diterima adalah 150 jt ?

    Terima kasih sebelumnya untuk jawabannya.

    Reply
    • Fudianto Ciptanegara
      Fudianto Ciptanegara says:

      Malam Bu, maaf agak telat menjawabnya.

      Sifat dari PRU Crisis adalah akumulasi. Gabungan dari beberapa polis, jadi total 300 juta
      Begitu pula PRU Accident Death, akumulasi juga, jadi betul 150 juta.
      Pru Payor berlaku untuk polis 1 dan polis 2.

      Pengertian PRU Payor adalah bebas premi dan mendapatkan santunan sebesar premi yang dibayarkan rutin, sampai dengan usia pertanggungan.
      Jadi saya kurang setuju dengan Ibu menyebut PRU Payor total 1,1 juta/bulan, lebih tepat jika disebut PRu Payor polis 1 dan 2 berlaku.

      Ada lagi yang ditanyakan ?

      Terima kasih telah berkunjung

      Reply
    • Fudianto Ciptanegara
      Fudianto Ciptanegara says:

      bisa bu. tetapi ada konsekuensinya, yaitu akan ada penambahan premi, atau pengurangan manfaat proteksi lainnya jika tidak ingin ada perubahan premi.

      Reply
  4. mita
    mita says:

    saya mau bertanya, saya kmrn bru klaim rawat inap saya dgn nominal di kwitansi rawat jlan saya sebasar 3 juta sekian tp prudential hnya mengklaim pruh&s saya sebesar rp 2,408 498, pertanyaan saya kenapa prudential tidak membayar sesuai yg saya klaim kan sesuai kwitansi pembayaran saya, prumed saya terbayar 840.000, trima kasih

    Reply
    • agenprudential
      agenprudential says:

      PRU HS tidak memberikan garansi full payment sesuai kwitansi. Di polis terlihat, bahwa PRU HS memberikan “jatah” untuk masing-masing pos. Misal kamar harian, kunjungan dokter, biaya aneka perawaatan, dll. Pos-pos ini disesuaikan dengan Nota di RS. Dan tampaknya Nota ibu lebih besar daripada “jatah” PRU HS yang ibu miliki. Saya menduga (bisa salah), kamar inap ibu di RS lebih mahal dibanding dengan plafon kamar PRU HS ibu. Apakah demikian bu ?

      Reply
  5. henny
    henny says:

    sy berminat utk ikut pru hs, pertanyaan sy apakah premi hs utk plan a, b, c, dll. tsb. berhubungan dengan usia? apakah sebaiknya kita lsg ambil plan yg lbh tinggi spt b atau c, atau kita cukup mengambil plan a dan sewaktu2 bila dirasa butuh baru kita upgrade ke plan lebih tinggi? apakah premi upgrade akan lbh mahal nantinya?

    Reply
    • agenprudential
      agenprudential says:

      Hi bu.
      Usia, jenis kelamin, jenis pekerjaan, rokok/tidak. ini yang mempengaruhi besaran premi. Artinya PRU HS juga terkait dengan usia. Saya rasa pilihan plan A,B,dst disesuaikan antara anggaran ibu dan biaya aktual rumah sakit saat ini. Misalkan kelas VIP saat ini di RS A sebesar Rp 500rb/ malam. Ibu bisa memilih plan C (Rp 500.000). Jangan sampai menunggu “sewaktu-waktu” untuk upgrade plan, karena sewaktu-waktu itu untuk masa akan datang yang tidak menentu kondisi kesehatan ibu, dan kondisi keuangan ibu. Premi upgrade disesuaikan dengan usia , dan history kesehatan ibu.

      Reply
  6. enny
    enny says:

    Siang pak,saya mau tanya… saya masih pemula ikutan prudential
    Dengan biaya 800 /bulan
    Dapat plan c tapi prumed tidak ada,maksudnya apa ya…

    Reply
    • agenprudential
      agenprudential says:

      Ada banyak produk yang bisa dibeli oleh nasabah. PRU HS dan PRU Med adalah salah duanya.dan ini produk terpisah.Artinya ibu hanya memilih produk PRU Hs , dan tidak PRU Med

      Reply
  7. Inri
    Inri says:

    Pagi pak, saya berencana ikut asuransi prudential untuk ke 2 anak saya yg 1. 6th dan yg ke 2. 1th 4bln, dengan raider Prulink assurance account, JCC, PAD & disablement plus, hs cover plus plan E dan PP 33-1. Pertanyaan saya apa bisa saya menambahkan PruMed 25 unit menjadi 1 polis. Trimaksih

    Reply
    • agenprudential
      agenprudential says:

      Maaf tidak bisa menjawab. Sistem yang membuat perhtungan ini semua
      Terima kasih. Hubungi agen ibu untuk jawaban pastinya

      Reply
  8. briliano
    briliano says:

    Selamat siang,

    Informasinya di sini cukup menarik dan jelas. Saat ini saya pemegang polis PruMed. Misal saya ingin tambahan polis PruHS saat rawat inap, bagaimana dengan cara klaim?

    Pengalaman saya rawat inap di perantauan dengan PruMed, yang paling memberatkan adalah proses klaim reimbursement. Dimana bagai orang perantauan tanpa keluarga, kondisi setelah sembuh sakit opname, harus ke sana ke sini mengurus administrasi untuk klaim.

    Nah kalau memiliki PruHS dan PruMed sekaligus, apakah masih perlu pengurusan administrasi ke RS untuk klaim polis yg PruMed?

    Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    • agenprudential
      agenprudential says:

      PRU Med harus imburse , sedangkan PRU HS jika ada kerjasama dengan rumah sakitnya tidak perlu imburse.
      Jadi kalau bisa, pemilik PRU HS datang ke RS yang kerjasama dengan Prudential.
      Pemilik PRU HS dan PRU Med, tetap klaim PRU Med harus imburse.
      Apa masih ada pertanyaan lagi pak ?

      Reply
  9. Hendri
    Hendri says:

    Pak, mau tanya. Kalau mau masuk pru hs saja bisa ga? Trus preminya berapa untuk yang plan C yang biaya kamar 500 ribu.
    usia yang ingin masuk 19 tahun? Saya ingin kalau bisa tidak ada nilai investasi, jadi murni asuransi saja. TERIMAKASIH.

    Reply
    • agenprudential
      agenprudential says:

      Bisa saja untuk PRU HS saja..Saat ini PRU Hs menjadi PRU Hs plus. Untuk premi minimal adalah 400rb, Jadi di atur saja sesuai kebutuhan bapak.Untuk hanya membeli PRU HS saja, sangat resiko untuk polis lapse, saran saya. kombinasikan dengan investasinya.

      Reply
  10. fitri
    fitri says:

    polis asuransinya bernama prulink saver account, dengan biaya premi 400rb/bulan. setelah saya check ternyata dari premi tersebut ada beberapa pos seperti prumed, asurans jiwa dan cacat total. pertanyaan saya adalah apakah bisa asuransi saya murni 100% ke investasi tanpa biaya jiwa dll.
    terima kasih.

    Reply
  11. andrea
    andrea says:

    saya baru tau kalau jenis kartu pru hs ada 2 macam, kartu jenis sos tidak dapat di pakai di rumah sakit di kota kami, kami disuruh bayar dahulu dan klaim ke pada prudential, apesnya sdh 3 bulan tidak ada berita, agent mengatakan kalau dia sdh tidak aktif lagi dan hanya membantu sekedarnya. selanjutnya teserah prudential. yg mau saya tanya kan dapatkan saya menganti kartu dengan kartu jenis 1 nya yg bernama medlium?. dimana saya harus bertanya tentang nasib klaiman saya, dan kalau nanti harus di rawat rs lagi kemana harus mengajukan klaim?

    Reply
    • agenprudential
      agenprudential says:

      Maaf saya tidak tahu apakah bisa mengganti jenis kartu. Bisa tanyakan ke 1500085 Customer Service Prudential.
      Untuk masalah klaim, sebenarnya bisa dipelajari. Klaim tanpa bantuan agen juga bisa. Saya pernah ulas di postingan saya yang lain di blog ini.Bisa dibaca di sini. http://agenasuransibali.com/klaim-kecelakaan-lantas-tanpa-bantuan-agen/. Saya ulas cukup jelas.
      Bertanya tentang nasib klaim dan persyaratan yang kurang, bisa hubungi juga 1500085.
      Terima kasih

      Reply
  12. andrea
    andrea says:

    saya baru tau kalau kartu pru hs ada 2, kartu saya yg berlogo sos di tolak dan terpaksa mengunakan sistem reimbusement ,apesnya sdh 3 bulan tidak ada kabar berita, agent mengatakan doc sdh diserahkan dan dia hanya sebatas membantu krn sdh berenti menjadi agent. saya mau bertanya bisakan saya menganti kartu saya dengan jenis kartu 1nya lagi yg berlogo medlium? dan bagaimana saya harus mengurus klaiman saya selanjutnya. terima kasih

    Reply
    • agenprudential
      agenprudential says:

      Klaim, kurang lengkap atau permasalah, hubungi 1500085 Customer Service. Pasti dibantu. Siapkan data pribadi, seperti nomor polis.

      Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply