PRUaman

Pada 17 April, 2013 PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia)  mengumumkan peluncuran PRUaman Prudential, produk asuransi mikro pertama dari Prudential. PRUaman memberikan perlindungan keuangan kepada rumah tangga berpendapatan rendah dengan harga terjangkau dan mudah diakses melalui Lembaga Keuangan Mikro dan Bank Perkreditan Rakyat ketika mereka dihadapkan pada peristiwa-peristiwa yang mengubah hidup mereka.

PRUaman membantu perkembangan industri keuangan

Di lain pihak, Lembaga keuangan mikro memperoleh manfaat berupa perlindungan terhadap pinjaman pokok yang diberikannya kepada nasabah, yang pada gilirannya dapat mendorong berkembangnya industri keuangan mikro yang lebih sehat di Indonesia.

 

Untuk segmen mikro, Prudential ingin menciptakan produk asuransi jiwa bagi mitra dan nasabah  dengan menyatukan empat kriteria kunci yang merupakan prioritas bagi mereka. Keempat kriteria yang membentuk landasan dari PRUaman adalah aksesibilitas, harga yang terjangkau, kesederhanaan, dan kemudahan dalam penggunaan.

Riset pasar sebelum meluncurkan PRUaman

Prudential bertekad untuk menciptakan produk yang memiliki aksesibilitas tinggi dan harga yang terjangkau, mudah untuk dibeli, proses pertanggungan yang sederhana dan mudah untuk digunakan dalam hal pengajuan klaim. Dan merupakan sebuah produk yang secara langsung terkait dengan inisiatif pendidikan kesadaran finansial.

Pengembangan PRUaman didasarkan pada riset pasar mendalam yang menunjukkan kebutuhan nyata akan perlindungan keuangan di segmen mikro baik untuk pemberi pinjaman dan peminjam.

Riset pasar tersebut mencakup analisis kesenjangan produk yang ada melalui penilaian permintaan asuransi mikro. Prudential juga melakukan serangkaian 12 diskusi kelompok terfokus dengan 73 peserta dan wawancara mendalam terhadap nasabah berpendapatan rendah dan lembaga penyedia keuangan mikro.

Riset ini dilakukan selama dua tahun dengan mengumpulkan data dari lima provinsi dan 13 kota.Di segmen mikro, asuransi dianggap mahal, dengan proses persyaratan, pertanggungan dan klaim yang rumit. Karena kesadaran akan perlindungan asuransi yang rendah di segmen ini, maka ketika peminjam tertimpa musibah, pada umumnya pihak keluarga akan diwarisi beban pinjaman, atau pihak Lembaga Keuangan Mikro yang menanggung beban kerugian finansial.

4 pilihan paket PRUaman

PRUaman menyediakan empat paket asuransi dengan tarif yang sangat terjangkau, dengan tarif terendah sebesar Rp 2,000 per tahun. Tarif ini bersifat tunggal, yang berlaku sama rata tanpa memandang usia dan tenor pinjaman. Tarif premi tunggal ini memberikan keuntungan kepada lembaga mikro saat menentukan rencana yang tepat untuk setiap anggota.Manfaat dari keempat rencana tersebut berkisar dari kemudahan pelunasan pinjaman hingga pelunasan pinjaman yang disertai beragam tambahan manfaat keuangan bagi keluarga.

Tentang Manfaat PRUaman

PRUaman memiliki empat paket manfaat yang sederhana, dan mudah dipahami. Yaitu:

  • Paket 1: Jika pihak tertanggung meninggal karena sebab apapun selama masa pertanggungan, Prudential Indonesia akan membayar sisa saldo pinjaman kepada LKM.
  • Paket 2: Jika pihak tertanggung meninggal karena sebab apapun selama masa pertanggungan, Prudential Indonesia akan memberikan manfaat sejumlah pinjaman awal dari tertanggung guna terlebih dahulu melunasi sisa pinjaman kepada LKM, dengan sisa manfaat diberikan kepada ahli waris.
  • Paket 3: Jika pihak tertanggung meninggal karena sebab apapun selama masa pertanggungan, Prudential Indonesia akan membayar sisa saldo pinjaman kepada pemegang polis, PLUS manfaat dalam jumlah pinjaman awal dibayarkan kepada ahli waris.
  • Paket 4: manfaat yang diberikan:
    • Manfaat A: Jika pihak tertanggung meninggal dari penyakit atau sebab-sebab alamiah, Prudential Indonesia akan melunasi sisa pinjaman kepada LKM, PLUS kompensasi menyamai jumlah pinjaman awal kepada ahli waris.
    • Manfaat B: Jika pihak tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan, Prudential Indonesia akan menyelesaikan seluruh kredit yang belum dilunasi kepada LKM, PLUS kompensasi sebesar tiga kali pinjaman awal kepada penerima.

    Untuk informasi PRUaman, silakan hubungi:
    Nini Sumohandoyo

    Corporate Marketing & Communications Director
    PT Prudential Life Assurance
    Prudential Tower
    Jl. Jend. Sudirman Kav. 79
    Jakarta 12910
    Phone : 021 2995 8888
    Faximile : 021 2995 8855
    E-mail : nini.sumohandoyo@prudential.co.id

sumber : http://www.prudential.co.id/corp/prudential_in_id/header/press/pressreleases/2013/20130417.html

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply