Unit Link, Prioritas Proteksi atau Investasi ?

Memiliki produk Unit Link terkadang bisa membingungkan pemiliknya. Sudah pasti muncul masalah di kemudian hari jika Anda tidak dengan cermat mempelajari produk ini sebelum membeli.

Asuransi Swasta memiliki produk Unit Link, produk ini sangat digemari, karena ada iming-iming investasi pada produk ini. Unit Link merupakan produk asuransi non-tradisional.

Unit link ini merupakan asuransi dengan dua kantong, kantong untuk proteksi dan kantung investasi. Uang premi yang dibayarkan sebagian digunakan untuk membayar proteksi dan sebagian lagi ditempatkan pada reksa dana dalam bentuk unit link.

Unsur Proteksi

Ini merupakan nilai PASTI pada produk Unit Link dan tidak bisa ditawar-tawar.

Proteksi berisi produk :

  1. Wajib ada – Uang Pertanggungan Meninggal (UP), di Prudential hingga umur 99 tahun.
  2. Pilihan – yaitu Riders .

Riders memiliki masa pertanggungan yang bisa berbeda-beda untuk tiap nasabah. Asalkan polis tetap aktif, klaim sesuai kriteria polis –> maka nilai Pertanggungan baik UP dan Riders bisa di klaim dan cair sesuai nilai Pertanggungan yang tercantum di polis.

Jadi unsur Proteksi dalam Polis Unit Link adalah sesuatu yang pasti dan ini yang paling penting saat membeli polis.

 

Unsur Investasi 

Investasi tidak bisa memberikan jaminan nilai pasti, karena semua tergantung dari produk yang diambil, berapa lama investasi dilakukan, apakah pernah tarik tunai, dan berapa besar nilai investasi.

Pemegang polis akan diminta memilih di mana akan ditempatkan investasinya, apakah pada reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap, atau pasar uang.

Misal di Prudential  :

  1. Rupiah Equity Fund (REF) – jenis reksa dana saham
  2. Rupiah Managed Fund (RMF) – jenis reksa dana campuran
  3. Rupiah Fixed Income Fund – jenis reksa dana pendapatan tetap
  4. Rupiah Cash Fund – jenis reksa dana pasar uang

Masing-masing Fund di atas memberikan resiko dan return yang berbeda-beda, jenis saham memberi resiko besar dan return yang besar pula.

Jadi sesuaikan profil resiko Anda dan kebutuhan Anda dalam membeli polis Unit Link.

Jika Anda prioritas di Investasi, maka produk polis Unit Link tidaklah tepat, Anda seharusnya membuka Rekening Reksa Dana.

Bacaan Kompas berikut ini bisa membuat Anda lebih terbuka tentang produk ini –> Apa itu Unit Link ?

 

Kesimpulan. Beli Polis Unit Link jika memang Anda membutuhkan PROTEKSI. Jika prioritas di Investasi maka Reksa Dana, properti adalah pilihan terbaik.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply